Thursday 22 December 2016

MAKALAH COKLAT






ABSTRAK

Fitriani, Siska Nur Aini, Siti Isnaeni, Taria Saputri, Efek Coklat Sebanding dengan Manfaatnya.
Ngraho : Madrasah Aliyah Negeri Ngraho
 2016

Penelitian Ini Bertujaun






KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis Panjatjkan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga penulis dapat menyusun penelitian ini dengan Judul Efek Coklat Sebanding dengan Manfaatnya.
Penyusunan ini pada dasarnya di susun untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia. Terselesaikannya penelitian ini tentu tidak lepas dari bantuan berbagai pihak oleh karena itu kami selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada.
1.      Drs. Bambang Wiyono
2.      Mario Bakti, S.Pd
3.      Teman – teman
Penulis sadar penelitian ini masih banyak terdapat kesalahan oleh karena itu kritik dan saran penulis harapan pada semua pihak guna perbaikan selanjutnya besar harapan penulis melalui penelitian ini dapat mengantarkan penulis kepada sebuah pencapaian yang memuaskan dan semoga dapat bermanfaat bagi yang memerlukan.



Ngraho, 11 November 2016


  Penulis











Daftar Isi

Halaman Sampul ....................................................................................................
Halaman Judul ........................................................................................................
Abstrak  ..................................................................................................................
Kata pengantar .......................................................................................................
Daftar Isi ................................................................................................................

BAB I PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang ............................................................................................
B.     RumusanMasalah ......................................................................................
C.     Tujuan ........................................................................................................
D.Manfaat ........................................................................................................

BAB II KAJIAN TEORI
1.      Mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.......................
2.      Coklat dapat menghaluskan kulit dan sangat baik untuk
kesehatan otak ...........................................................................................

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Tujuan khusus penelitian ............................................................................
B.     MetodePenelitian ........................................................................................
C.    LatarPenelitian ............................................................................................
D.    Prosedur Pengumpulan data .......................................................................
E.     Analisis Data...............................................................................................

BAB IV HASIL PEMBAHASAN PENELITIAN
A.    Kandungan Kakao ( Dark Coklat ) .............................................................
B.     Tinggi Antioksidan .....................................................................................
C.     Anti Depresi ...............................................................................................

BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan .................................................................................................
B.     Saran ...........................................................................................................

DAFTAR  PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LatarBelakang
Coklat adalah sebuah buah yang sangatberbedasetelahterbentukmenjadimakanan ringan karna pengolahancoklat yang dapat merubah warna dari warna asli buah coklat. Coklat mempunyaikan dungan yang banyak mulaidari lemak 31%, karbohidrat 14%, dan Protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin,dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relative tidak mudah tengik karena coklat mengandung polifenol 6% yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.
Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan mungkin juga membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM. Residu yang diperoleh dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja, namun selput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih condong digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.
Ketika peradaban Maya klasik runtuh (sekitar tahun 900) dan digantikan oleh bangsa Toltec, biji kokoa menjadi komoditas utama Meso-Amerika. Pada masa Kerajaan Aztec berkuasa (sampai sekitar tahun 1500 SM) daerah yang meliputi Kota Meksiko saat ini dikenal sebagai daerah Meso-Amerika yang paling kaya akan biji kokoa. Bagi suku Aztec biji kokoa merupakan “makanan para dewa” (theobroma, dari bahasa Yunani). Biasanya biji kokoa digunakan dalam upacara-upacara keagamaan dan sebagai hadiah.
Coklatbanyakmengandunglemak yang seringmembuat orang yang sedang diet akan menjauh mengonsumsi makanan ini, tetapi coklat juga mempunyai banyak manfaat salah-satunya penghilang bad mood, mencegah penyakit jantung, menurunkankolesterol, anti depresan, dapat menghaluskan kulit, dan masih banyak lagi.


B. RumusanMasalah
1. Apa manfaat coklat bagi kesehatan?
2. Bagaimana cara mengolah coklat agar lebih bermanfaat bagi manusia?
3. Apa penyebab coklat sangat digemari banyak orang?

C. Tujuan
Untuk mengetahui berbagai manfaat dari coklat bagi kesehatan manusia dan prosedur mengolah coklat agar lebih bermanfaat.

D.Manfaat
Sebagai media informasi bagi pembaca untuk mengurangi pendapat buruk tentang coklat dan untuk membantu pembaca jika mempunyai penyakit yang dapat menyembuhkan atau mengurangi dengan media coklat.



BAB II
KAJIAN TEORI

 Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hariraya. Denganbentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terimakasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia, selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.
Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman.  Coklat juga bias dikatakan suatu produk makanan yang unik dan berinovasi makanan yang selalu memberi ketenangan serta dibuat denganbentuk-bentuk yang lucu.
 Tidak hanya itu saja, coklat pun memiliki banyak manfaat, apalagi buat kesehatan kita. Karena itulah, coklat tidak hanya digemari oleh anak – anak, tetapi orang dewasa maupun yang lebih tua juga suka dengan makanan yang rasanya manis ini.
 
Berikutmerupakanmanfaatdaricoklatuntukkesehatankita :

1.  Mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker
Sebuah cokelat bar dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular Anda berjalan lancar. Terutama dark chocolate dapatmengurangirisikoseranganjantungdenganprosentasehampir 50% danpenyakitkoronersebesar 10%. Coklatjugamengandungantioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. Jadi, bukansebuahmasalahlagibilamengkonsumsisebuah bar atausepotongcokelatsehari-hari.




2. Coklat dapat menghaluskan kulit dan sangat baik untuk kesehatan otak
Flavanols yang terdapat pada coklat bisa melindungi kita dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit kita dan menjaganya untuk tetap bersinar. Coklat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit kita. Jadi, bintik-bintik hitam, kulit kasar akan jauh dari kulit yang kita punya. Dan mungkin kita akan kaget bila coklat juga bisa membuat otak kita cerdas. Coklat yang bisa membuat syaraf-syaraf kita rileks dapat membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat anda enjoy untuk beraktifitas.



BAB III
METODOLOGI  PENELITIAN

 Dalam bab ini secara berurutan dibahas mengenai tujuan khusus penelitian, pendekatan penelitian, latarpenelitian, data dan sumber data dan pemeriksaan keabsahan data.

A. Tujuan khusus penelitian
  Mengacu pada fokus penelitian dan pertanyaan penelitian yang telah disebutkan, maka tujuan dalam penelitian ini adalah :
1. Mengetahui manfaat coklat bagi kesehatan
2. Mengetahui prosedur mengolah coklat agar lebih bermanfaat

B. MetodePenelitian
 Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan yang diawali dengan:
1. Pengumpulan data langsung yang ditemukan di lapangan, yaitu penelitian buah coklat di laboratorium.

C. LatarPenelitian
 Penelitian ini dilakukan di Laboratorium SMA Negeri 10 Samarinda. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan dimulai pada bulan Januari sampai Juni 2014.

D. Prosedur Pengumpulan data
 Dalam pengumpulan data dilakukan dengan memperhatikan kesesuaian data yang akan diambil, yaitu :
1. Observasi
 Pengumpulan data dengan teknik observasi adalah dengan melakukan pengamatan dilapangan. Observasi dilakukan untuk mencermati kandungan isi coklat bagi kesehatan.
2. Pengumpulan dokumen
 Pengumpulan dokumen dilakukan untuk menentukan data dan memilih data yang sesuai, dengan tujuan dapat membantu pemahaman  terhadap data yang ada, membuat prosedur, menyusun teori maupun memvalidasi data yang diperoleh.

E. Analisis Data
 Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif.  Dalam penelitian kualitatif aspek proses lebih ditekankan daripada hanya sekedar hasil, dan penelitian kualitatif mempunyai medan yang alami sebagai sumber data langsung.

 



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 Hasil penelitian dari yang kami lakukan di laboratorium SMAN 10 adalah kelompok kami mendapatkan hasil yang membuktikan bahwa coklat banyak mengandung manfaat dari pada kerugiannya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:
1.Manfaat Coklat

A. Kandungan Kakao ( Dark Coklat )
Coklat merupakan zat yang mengandung senyawa yang berpungsi untuk menenangkan syaraf-syaraf yang tegang.Dan senyawa tersebut banyak di Kakao (Dark Coklat) karena yang membuat banyaknya negatif dari coklat sendiri itu sebenarnya dari gulanya sedangkan Dark Coklat hampir tidak ada negatifnya.
Dengan memakan coklat maka perasaan seseorang akan menjadi  lebih rileks, oleh sebab itu dengan memakan coklat bisa menurunkan tekanan darah Dark chocolate telah ditunjukkan dalam studi untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dan makan coklat hitam secara teratur telah terbukti menurunkan kolesterol LDL sebanyak 10 persen.

B. Tinggi Antioksidan
Setelah kita teliti ternyata coklat mengandung flavanol, sejenis flavanoid hanya ditemukan di coklat. Flavanoids adalah senyawa yang terjadi secara alamiah dalam makanan nabati dan bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.
Anti oksidan mempunyai banyak manfaat terutama yang sering di cari dari coklat adalah anti penuaanya yang sangat di cari oleh kalangan wanita . Tetapi hanya terdapat pada dark coklat yang tidak mengandung gula karna belum di olah dengan campuran glukosa.
Selain itu antioksidan juga berfungsi sebagai pelindung sistem imun , penyakit saraf , menyehatkan mata dan penyakit jantung.



C. Anti Depresi
Coklat mengandung Serotonin  alami anti-depresan. Cokelat juga merangsang produksi endorfin, yang menciptakan perasaan kebahagiaan dan kesenangan. Suatu Studi dari seorang mahasiswa di inggris menyatakan bahwa ketika coklat mencair di mulut itu menjadi mood booster bagi penikmat coklat tersebut dan mood mereka menjadi 200% dari sebelumnya

2.Olahan coklat
 Mengolah coklat sebenarnya tidaklah sulit .Cuma bila kita sala sedikit pengolahannya akan menghilangkan kasiat dari coklat itu sendiri . sebaiknya jangan mencampurkan coklat dengan bahan lain terlalu berlebihan karna akan menghilangkan kasiat dari coklat.Dark coklat adalah coklat yang masih murni atau masih memiliki banyak khasiat yang belum hilang karna olahannya belum seperti di toko-toko .



BAB V
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Jadi kesimpulan penelitian yang kami lakukan adalah coklat mengandung banyak manfaat dari pada efek negatifnya tetapi konsumsilah coklat yang masih dalam bentuk Dark coklat karna kemurnian dari coklat itu sendiri masih 80% sehingga zat atau senyawa yang terdapat dalam coklat belum sepenuhnya hilang dari coklat

B. SARAN
Jadikan coklat sebagai cemilan anda karna kandungan coklat banyak yang berefek positif bagi tubuh terutama mood booster yang dapat meningkatkan mood anda dalam sekejap . Tetapi makanlah coklat dengan sewajarnya sehingga tidak menimbulkan penyakit seperti kegemukan karna coklat juga mengandung lemak yang lumayan tinggi.




DAFTAR PUSTAKA

kolom.pacific.net.id dan Yayasan Jantung Indonesia
http://christybanget.blogspot.com/2012/03/manfaat-coklat-bagi-kesehatan.html

1 comment:

  1. ituBola - Situs Judi Bola Online | Sportsbook Terlengkap & Terpercaya

    Situs Judi Online Sportsbook Terpercaya, Terbaik serta Berlisensi di Indonesia. Menyediakan berbagai macam permainan Sportsbook Terlengkap.

    Cukup 1 User id untuk bermain semua taruhan Permainan Meliputi :
    - Sportsbook Terlengkap
    • Sepak Bola
    • BasketBall
    • Esports
    • Dan Lainnya

    Menang Lebih Mudah Disini Serta Dapatkan Juga :
    => Bonus Cashback 5% (Yang dibagikan setiap Hari Seninnya).
    => Pelayanan Terbaik Dengan Customer Service 24 Jam Nonstop.

    Deposit Bisa Melalui :
    => Via Bank Lokal Indonesia.
    => Via OVO, GOPAY, PULSA Telkomsel & XL/Axis Atau E-Payment Lainnya.

    • Minimal Deposit 25,000 | Minimal Withdraw 50,000
    • Proses Deposit & Withdraw Tercepat

    Untuk Pendaftaran Hubungi Kontak Kami:
    - LINE : itubola757
    - WHATSAPP : +85517696120
    - LIVE CHAT : ituBola

    ReplyDelete